Cara mengkompres gambar pada aplikasi microsoft word

Sebagian besar pemula di bidang komputer belum mengerti tentang tata cara kompresi gambar pada document Microsoft Word. Sehingga seringkali beberapa orang dikalangan perkantoran merasa kesulitan ketika hendak melakukan pengiriman email dengan attachment document MS Word yang memuat beberapa photo didalamnya.

Permasalahan yang dihadapi beberapa kalangan diantaranya adalah :
“ Mereka tidak bisa melakukan pengiriman email dikarenakan ukuran file MS Word yang akan dikirimkan lebih dari 25MB, padahal laporan yang akan dikirim tidak mencapai 100 halaman”

 

Setelah diteliti lagi, ternyata permasalahannya terletak pada pemasangan photo pada dokumen / laporan. Dimana photo – photo yang ditampilkan langsung di insert kemudian diperkecil dengan hanya menggeser – geser mouse kanan, kiri, atas dan bawah sehingga gambar / photo terlihat lebih kecil.


Hal yang perlu diketahui adalah, proses memperkecil tampilan gambar seperti pada pembahasan diatas adalah hanya memperkecil tampilannya, sedangkan ukuran / kapasitas gambar adalah tetap. Sehingga jika kita memasukkan photo hasil jepretan kamera DSLR yang bisa mencapai 5MB sebanyak 10 photo, maka laporan kita sudah mempunyai kapasitas 50MB meskipun tampilan photo terlihat kecil pada laporan yang kita buat.
Untuk melakukan kompresi pada microsoft word, maka lakukan langkah – langkah berikut :
1.    Double click pada gambar sampai terpilih seperti pada contoh berikut
Contoh kompresi gambar

Setelah gambar terpilih, selanjutnya akan muncul menu kompresi seperti pada gambar berikut ini

menu kompress gambar

2.    Lakukan Kompresi

Setelah memilih menu Compress picture, maka akan muncul pilihan seperti pada gambar berikut:

A

Pilih opsi Screen atau Email untuk photo - photo yang termuat dalam laporan supaya ukuran dokumen laporan kita tidak terlalu besar. Setelah melakukan langkah – langkah kompresi diatas, silahkan simpan Dokumen anda kemudian periksa ukuran file dokumen anda sekarang. Dengan melakukan kompresi seperti pada langkah – langkah diatas, kapasitas gambar yang ada pada dokumen kita akan disesuai dengan ukuran tampilannya, sehingga jika kita memperkecil gambar kita pada dokumen hanya dengan ukuran 3cmx3cm, maka kapasitasnya juga akan disesuai dengan ukuran 3x3 cm tersebut.


Mudah – mudahan tutorial singkat ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian, Salam Kreatif
 


Komentar pembaca

IrsanMakasih atas tutorialnya dan sangat membantu, tapi kualitas gambar berkurang setelah saya kompres. posting pada :2016-11-30 12:03:57
         
     
         
 
         
   
         
   
 

Tulis komentar