Konfigurasi dasar pada CodeIgniter framework

Berikut penulis sajikan setting - setting dasar yang harus dilakukan pada saat akan mengembangkan aplikasi dengan menggunakan CodeIgniter. File - file yang harus kita edit di antaranya :

1. config.php

File config.php yang di maksud adalah file yang terletak pada lokasi folder_ci/application/config/config.php , nah pada file ini yang harus kita ubah hanya beberapa variabel saya, coba cari variabel seperti di bawah ini :

$config['base_url']	= '';

$config['index_page'] = '';

$config['base_url'] harus kita isi dengan alamat path dari instalasi codeIgniter kita, sehingga pada saat aplikasi kita akses, maka kita akan diarahkan ke alamat tersebut.
$config['index_page'] dapat kita kosongkan atau kita isi dengan index.php

 

2. routes.php

file routes.php jugat terletak pada lokasi folder_ci/application/config/routes.php. Pada file ini yang harus kita setting hanyalah pada bagian script :

$route['default_controller'] = "";

variabel tersebut harus kita isi dengan controller utama yang akan kita gunakan sebagai tampilan utama website kita. Standarnya, variabel terebut akan terisi dengan welcome yang akan menampilkan halaman utama CodeIgniter.

3. database.php

file database.php jugat terletak pada lokasi folder_ci/application/config/database.php. Pada file ini yang harus kita setting hanyalah pada bagian script :

$db['default']['hostname'] = 'isi dengan host database';
$db['default']['username'] = 'username database';
$db['default']['password'] = 'password database';
$db['default']['database'] = 'nama database';

File tersebut digunakan untuk pada saat kita perlu untuk membuat koneksi ke database.

4. autoload.php

file autoload.php jugat terletak pada lokasi folder_ci/application/config/autoload.php. Pada file ini yang harus kita setting hanyalah pada bagian script :

$autoload['libraries'] = array('database');

variabel diatas kita isi dengan database dan library lain jika diperlukan, supaya pada saat kita memerlukan library tersebut, kita tidak perlu melakukan load library tersebut berulang - ulang.

Dengan berbekal konfigurasi diatas, kita dapat melanjutkan pembahasan kita pada pembahasan codeIgniter berikutnya.

Salam kreatif.


Komentar pembaca

Dapur Palmasaya lihat teman-teman saya pake CI bikin website. Saya tertarik mau belajar, tapi bingung harus dari mana. Terbiasa bikin pake CMS Wordpress ato Joomla. hahahhaposting pada :2015-08-14 11:32:35
nova juandananice article.. hatur nuhun gan.posting pada :2015-10-07 00:17:41
rosiana agustinkenapa saat dibuka websitenya, terdapat pesan eror ? "An Error Was Encountered Unable to load the requested class : Template" padahal di file autoload sudah disertakan load templateposting pada :2016-08-02 15:11:39
tutorialpediaterima kasih gan..kebetulan ane sedang mendalami codeigniter..tutorialnya sangat membantu, singkat,padat dan jelasposting pada :2016-11-03 21:31:27