Mengatur grub loader windows dan ubuntu

Kalau kita melakukan instalasi Ubuntu inside windows, grub loader utama yang akan digunakan adalah grub loader milik Windows, dimana pada saat kita menyalakan komputer, maka OS yang akan dibuka secara default adalah MS Windows. Kalau kita hendak masuk ke Ubuntu, kita diharuskan untuk menekan tombol keyboard pada saat komputer booting dan memilih Ubuntu pada saat grub loader windows muncul.

Bagaimana kalau kita ingin komputer kita secara otomatis masuk Ubuntu pada saat kita menyalakan komputer tanpa harus menekan - nekan tombol keyboard ?

 

Berikut kami sajikan beberapa langkah mudah dalam mengatur grub loader Windows.

Konfugurasi file boot.ini

Buka partisi utama instalasi windows ( biasanya pada partisi C ), kemudian kita cari file boot.ini pada partisi tersebut. jika file tersebut tidak ditemukan, kemungkinan file tersebut dalam kondisi hidden. Untuk menampilkannya, kita bisa gunakan menu
tool - folder option - view

kemudian centang yang bagian show hidden file dan juga hilangkan centang pada hide file file - file microsoft.

Setelah file boot.ini terlihat, buka file tersebut dengan menggunakan notepad atau editor basic lainnya. isi dari file boot.ini kira - kira isinya adalah sebagai berikut :

[boot loader]
timeout=30
default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS
[operating systems]
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Microsoft Windows XP Professional" 
/noexecute=optin /fastdetect
C:\wubildr.mbr="Ubuntu"

Penjelasan :

  1. timeout=30 Artinya halaman grub loader windows akan ditampilkan selama 30 detik, sehingga memungkinkan kita untuk memilih mau masuk ke OS yang mana dalam komputer kita. 30 detik tersebut merupakan countdown timer yang dapat kita lihat pada saat kita masuk pada grub loader windows. kalau kita ingin mempercepat tampilan halaman grub loader Windows, angka 30 bisa diganti dengan angka yang lebih kecil,  misalnya 1 untuk 1 detik dan lain lain
  2. default dst merupakan OS yang secara default akan di buka kalau user tidak menekan tombol apa - apa pada saat komputer dinyalakan. dalam kondisi diatas, OS yang akan dibuka secara defaultnya adalah MS Windows. Kalau kita hendak menggantinya dengan Ubuntu, maka kita bagian default harus kita ganti seperti berikut :
    default=C:\wubildr.mbr
  3. [operating systems] dst sampai merupakan pilihan OS yang ada pada komputer kita. Dimana dalam komputer kita terdapat Microsoft Windows XP Professional dan Ubuntu yang akan ditampilkan dalam grub loader windows pada saat kita start komputer. Kata yang ditampilkan hanyalah kata Microsoft Windows XP Professional dan Ubuntu saja pada halaman grub loader Windows, kalu kita hendak menggantinya dengan kata - kata lain juga tidak masalah.

Setelah kita coba melakukan perubahan pada file boot.ini, file boot.ini akan menjadi :

[boot loader]
timeout=5
default=C:\wubildr.mbr
[operating systems]
C:\wubildr.mbr="Ubuntu" /noexecute=optin /fastdetect
multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)\WINDOWS="Parmin S Professional"

Sekarang simpan dan coba Restart komputer kita, jika proses diatas benar, maka yang muncul pada grub loader Windows akan menjadi :

Ubuntu
Parmin S Professional

Dimana OS yang akan dibuka secara default adalah Ubuntu sesuai dengan waktu yang sudah kita setting pada bagian timeout

Sekian dulu tutorial kali ini, seilahkan submit request anda pada menu Request tutorial untuk dapat kita bahas pada sesi selanjutnya.

Selamat mencoba dan salam kreatif